Alphonse Areola Menjadi Pahlawan Kemenangan Perancis

Alphonse Areola Menjadi Pahlawan Kemenangan Perancis

Alphonse Areola Menjadi Pahlawan Kemenangan Perancis

Berita World Cup – Prancis melaju ke babak final Piala Dunia U-20 FIFA setelah mematahkan perlawanan Ghana dengan skor 2-1 di stadion Bursa Ataturk, Turki, Rabu (10/7) malam pada babak semi final Piala Dunia U-20.

Kedua tim pernah berjumpa sebelumnya pada pertandingan penyisihan grup dengan kemenangan untuk Prancis U-20. Pertemuan kembali di babak empat besar ini menampilkan pertandingan yang berjalan terbuka dan menarik untuk kedua tim. Prancis U-20 menampilkan para pemain muda berbakat mereka dan menekan pertahanan Ghana U-20. Sedangkan Ghana U-20 tak mengurangi semangat bermain terbuka yang selalu diperagakan sejak awal turnamen dengan membalas serangan demi serangan Perancis U-20. Setelah sejumlah peluang emas diperoleh oleh kedua tim, Prancis membuka keunggulan semenit sebelum turun minum babak pertama. Kerja sama dengan umpan satu-dua antara Florian Thauvin bertukar umpan dengan Yaya Sanogo sebelum melejit meninggalkan pemain belakang Ghana U-20 yang kocar-kacir dan kiper Eric Antwi. Bola diceploskan dengan ringan ke dalam gawang kosong setelah kiper Ghana U-20 Eric terkecoh dengan pergerakan Thauvin.

Keunggulan itu terasa pantas karena Prancis U-20 menguasai jalanya pertandingan. Lucas Digne dan Jean-Christophe Bahebeck memaksa Antwi melakukan penyelamatan berulang-ulang. Begitu juga upaya penyerang Perancis U-20 Yaya Sanogo dalam mencoba memasukan bola ke gawang Ghana U-20 yang diselamatkan sang penjaga gawang The Black Satellites dengan gerakan refleks cemerlang. Namun, GhanaU-20  memberikan perlawanan sengit dan tidak pantang menyerah begitu saja setelah tertinggal satu gol. Akhirnya kesempatan itu datang melalui Ebenezer Assifuah menyamakan kedudukan menjadi 1-1 saat pertandingan babak kedua baru berjalan 2 menit. Ghana U-20 kemudian melancarkan ancaman beruntun melalui tendangan Frank Acheampong dan Michael Anaba. Beruntung kiper muda Prancis U-20 Alphonse Areola tampil cemerlang dengan mementahkannya.

Gol penentu keunggulan Prancis diciptakan oleh Thauvin kembali. Pemain Sayap yang memiliki kecepatan yang dimiliki Lille ini beraksi dari sektor kiri pertahanan lawan. Mendapat posisi sudut tembak, Thauvin melepaskan tembakan kaki kiri yang tidak terlalu keras namun terarah ke arah tiang dekat. Kiper pengganti Ghana U-20 Michael Sai tak kuasa menggapainya. Serbuan Ghana U-20 semakin menjadi-jadi karena untuk menyamakan kedudukan. Apalagi setelah pemain Perancis U-20 Samuel Umtiti memperoleh kartu kuning kedua karena menampar wajah Asifuah dalam sebuah perebutan bola. Dan diusir keluar lapangan tetapi gol yang dicari Ghana U-20 tak kunjung tiba meski Yiadom Boakye sudah dimasukkan guna menambah serangan tim Ghana U-20 untuk menyamakan hasil. Aksi brilian kiper Perancis U-20 Areola yang berhasil membuat gawang Perancis U-20 tidak kebobolan kembali. Terhitung banyak penyelamatan gemilang yang dilakukan Areola dan untuk kali pertama kalinya dalam sejarah sepak bola Prancis U-20 menembus final Piala Dunia U-20. Berita World Cup