Berita World Cup Berbagai Kontroversi di Buku Fergie

Berbagai Kontroversi di Buku Fergie

Berbagai Kontroversi di Buku Fergie

Berita World Cup – Dalam karir panjang Sir Alex Ferguson di Premier League dengan Manchester United akhirnya tercurahkan melalui autobiografinya yang kedua. Buku dengan tebal 416 halaman tersebut langsung menuai berbagai kontroversi. Buku tersebut diberi judul My Autobiography. Buku tersebut bercerita tentang rentan karir Fergie mulai era 2000 hingga 2013. Apabila melihat dari eranya, banyak hal menarik sempat terjadi. Dimulai dari insiden sepatu bersama David Beckham, dan keputusan Fergie melepaskan Roy Keane, hingga berita terakhir tentang keinginan Wayne Rooney dijual. Ternyata hal tersebut benar-benar dibeberkan oleh Fergie yang telah mengabdi selama 26 tahun bersama Manchester United. Fergie bahkan tidak bercerita mengenai alasan-alasannya tentang hal itu.

Keinginan Beckham untuk mencari ketenaran merupakan alasan utama Fergie melepaskan Beckham. Pemain yang sudah dibesarkan oleh Fergie dan telah berkarir 10 tahun dengan penuh kesuksesan tersebut mulai tidak menghargai dirinya. Konfrontasi diantara keduanya diakui sudah berkembang pada pertandingan babak kelima Piala FA ketika melawan Arsenal di Old Trafford pada bulan Februari tahun 2003. Saat itu, tim tuan rumah dipermalukan dengan skor 0-2. Bemrula dari tidak ada usaha Beckham untuk membantu pertahanan dalam gol kedua Arsenal, lalu berlanjut ke peristiwa sepatu yang telah memecahkan alis Becks, serta ketika Beckham yang tidak mau mengakui kesalahannya. Akhirnya keputusan untuk menjual Beckham ke Madrid pun bulat sesudah berita tentang pecahnya pelipis Beckham muncul di media Inggris.

Apabila Beckham terlihat lebih mudah dijual, namun tidak demikian dengan Wayne Rooney. Fergie terlihat kerja keras untuk mempertahankan mesin gol Setan Merah tersebut walaupun Rooney sudah berkali-kali minta untuk dijual. Di dalam bukunya, Alex Ferguson memang tidak berhenti memuji Wayne Rooney. Pemain yang dia datangkan dari Everton setelah Euro 2004 tersebut dinilai mempunyai bakat serta insting yang menganggumkan dan mempunyai komitmen dalam sepakbola. Tapi bukan berarti Rooney adalah pemain yang sempurna. Kontroversi pun muncul sesudah Ferguson mengumbar kelemahan pemain dengan nomor 10 tersebut. Fisik Rooney dinilai mampu menjadi masalah yang besar di dalam karirnya.

Buku yang penuh kontroversi tersebut langsung memperoleh reaksi keras dari eks gelandang Manchester United yakni Roy Keane. Pemain yang jadi jantung permainan Red Devils selama 12 setengah tahun. Di dalam autobiografinya, Fergie juga menilai bahwa Roy Keane merupakan pemain yang luar biasa serta cocok untuk mengemban posisi sebagai kapten. Namun ada saatnya, Keane juga melakukan kesalahan. Keane yang tidak segan bermain keras tersebut menyatakan jika dirinya cukup santai mendengar komentar Ferguson itu. Keane justru mempertanyakan tentang keputusan Fergie untuk membeberkan hal-hal buruk mengenai pemain-pemain yang pernah dia latih. Untuk itu, Keane pun mempertanyakan pengertian Ferguson mengenai kata-kata loyalitas. Tidak cuma kehidupan di dalam tim Setan Merah yang terungkap dalam buku tersebut. Banyak perseteruan serta olok-olok sejumlah manajer yang pernah dia hadapi juga tertuangkan dengan gamblang. Berita World Cup