Berita World Cup Generasi Emas Timnas Belgia

Generasi Emas Timnas Belgia

Generasi Emas Timnas Belgia

Berita World Cup – Generasi emas sepak bola Belgia pernah mengguncang dunia di sekitar peeriode tahun 1980-an. Periode pertama generasi emas itu dimulai saat Belgia menjadi runner up Euro 1980 yang digelar di Italia setelah dikalahkan Jerman Barat dengan skor 1-2 di  partai final. Setelah momen itu, golden age Belgia kembali menunjukkan cakar mereka pada Piala Dunia 1986 saat berhasil menduduki posisi keempat. Namun sayangnya setelah ajang Piala Dunia 1986 itu, generasi emas Belgia mulai menurun prestasinya.

Setelah dua dekade lebih, senyum kembali muncul di sepak bola Belgia. Hal itu ditunjukkan dengan para pemain bintang-bintang mereka yang bermain di beberapa klub besar Eropa. Kebangkitan generasi emas Belgia di sepakbola bisa dilihat jelas bila kita melihat Liga Primer Inggris. Kompetisi yang diklaim sebagai yang terbaik di dunia. Hampir sebagian besar pemain tim nasional Belgia bermain di Premier League. Di antaranya Kevin Mirallas, Vincent Kompany hingga Eden Hazard. Bahkan bila dikumpulkan dalam satu tim, para pemain asal Belgia tersebut dapat membentuk tim sendiri yang berisi pemain asal Belgia. Berikut beberapa pemain asal Belgia yang menonjol di klubnya masing – masing.

Mignolet, Tampil membela Sunderland dan memperlihatkan performa menawan musim. Karena penampilan apiknya tersebut, musim ini Mignolet dibeli The Reds dan dipercaya menjadi penjaga gawang utama Liverpool yang ditinggalkan penjaga gawang mereka Pepe Reina ke tim Italia Napoli dengan status pinjaman.

Vincent Kompany, Penampilannya menjaga pertahanan di lini belakang Manchester City sangat solid dan kokoh bak batu karang. Bersama Manchester City, kapten tim nasional Belgia itu menjelma menjadi salah satu bek terbaik di Liga Inggris, bahkan dunia.

Jan Vetongen, Disebut sebagai salah satu rekrutan paling sukses yang dilakukan Tottenham Hotspurs. Penampilannya yang konsisten dan penuh teknik, mampu membaca permainan dengan baik dan lihai menjaga daerahnya menjadi kelebihan yang dimiliki Vertonghen. Musim kemarin, ia tampil dalam 52 pertandingan dan mencetak 6 biji gol.

Thomas Vermaelen, Datang ke Arsenal tidak dalam waktu yang tepat. Cedera yang menderanya membuat penampilannya sedikit menurun. Namun bila ia dalam kondisi fit dan bugar, klub mana pun akan merasa beruntung memilikinya.

Maroune Fellaini, Pemain Everton yang punya cirri khas dengan rambut kribonya ini adalah salah satu kunci kesuksesan Everton musim lalu. Mampu tampil apik di lini tengah baik sebagai gelandang bertahan, maupun sebagai second striker yang membuatnya menjadi pemain yang sangat fleksibel. Tidak heran bila ia diberitakan menjadi buruan klub top.

Moussa Dembele, Mantan pemain Fulham ini sangat kuat tapi memiliki sentuhan yang luar biasa bila ia sedang memegang bola, ia juga kreatif dan bertekhnik tinggi.

Kevin de Bruyne, Pemain anyar Chelsea ini musim lalu tampil apik bersama klub Jerman, Werder Bremen dengan status pinjaman. Hal ini yang membuat Chelsea musim ini memberikan kesempatan untuk kembali unjuk gigi bersama skuad Jose Mourinho. Kelebihan yang dimilikinya adalah memiliki daya jelajah yang tinggi, visi bermain yang bagus dan tendangan yang keras. Berita World Cup