Berita World Cup Kiper Yang Menjadi Pelesak Gol

Kiper Yang Menjadi Pelesak Gol

Kiper Yang Menjadi Pelesak Gol

Berita World Cup – Kiper yang menjadi pencetak gol? Bagaimana bisa? Enam tahun lalu, Andreas Palop menceploskan gol penyama kedudukan untuk Sevilla di gawang Shakhtar Donetsk di fase 32 besar Piala UEFA. Dan kali ini, Shakhtar akan kembali bertemu Palop, walu kini sang kiper telah membela skuad lain, Bayer Leverkusen. Rupanya bukan hanya Palop saja yang pejaga gawang yang pernah mencetak gol ke gawang lawan. Siapa saja yang lain?

1. Hans-Jorg Butt

Sosoknya terkenal di Bundesliga sebagai kiper dengan spesialisasi sebagai eksekutor penalti. Butt mengumpulkan sebanyak 26 lesakkan gol dari 387 kali ia berlaga di Bundesliga. Di turnamen kancah Benua Biru, Liga Champions, Butt mencetak tiga kali gol penalti ke gawang Juventus. Gol tersebut tercipta dalam laga kala Juventus ditahan imbang oleh Hamburg dengan skor 4-4 di Liga Champions 2000, lalu ketika Leverkusen unggul 3-1 di musim 2002, dan terakhir gol Butt menjadi salah satu gol kemenangan Bayern Munich 4-1 di 2009 lalu.

2. Peter Schmeichel

Gol yang terjadi di Piala EUFA 1995 lalu, adalah gol legendaris. Kala itu, sepakan pojok Ryan Giggs ditanggapi dengan tandukan dari Schmeichel yang membawa bola melesak masuk dalam gawang. hasilnya adalah Manchester United main imbang 2-2 atas Rotor Volgograd.

3. Vincent Enyeama

Tendangan penalti sang kiper pada 2010 di babak play – off Liga Champions, membawa tim Hapoel Tel-Aviv unggul dari FC Salzburg.

4. Marco Amelia

Gol dari Amelia menjadi rekor kiper Italia satu-satunya di ajang UEFA 2006 silam. Tandukannya di dua menit menjelang akhir pertandingan membawa Livorno menahan imbang satu sama dari rivalnya FK Partizan.

5. Sinan Bolat

Dalam saat genting, kala Standard Liege memerlukan satu gol lagi sebagai penyelamat posisi mereka di ajang Liga Europa. Kemungkinan yang nihil untuk dapat lolos di fase group Liga Champions 2009, menjadikan skuad ini bergantung pada harapan untuk tanding di Liga Europa. Dan kala itu, Bolat mengantisipasi tendangan bebas dari Benjamin Nicaise yang langsung di akhiri dengan gol untuk Standard Liege. Sontak Bolat disambut gempita sorakan para pendukung Liege. Berita World Cup

Nama-nama lain:

Yuri Zhevnov (BATE Borisov) vs Dinamo Tbilisi – Piala UEFA, Juli 2004

Gilbert Bodart (Standard Liege) vs HNK Rijeka – Piala UEFA 1986/87

Dimitar Ivankov (Levski Sofia) vs Hajduk Split – Piala UEFA 1999

Dimitar Ivankov (Levski Sofia) vs F91 Dudelange – kualifikasi Liga Champions, Juli 2000

Dimitar Ivankov (Levski Sofia) vs Brondby – Piala UEFA 2002/03

Stipe Pletikosa (Hadjuk Split) vs GI Gota – kualifikasi Piala UEFA 2002

Mattias Asper (AIK) vs FC Gomel – Piala UEFA 2000.