Berita World Cup Klub Paling Berharga Tahun 2013 Versi Majalah Forbes

Klub Paling Berharga Tahun 2013 Versi Majalah Forbes

Klub Paling Berharga Tahun 2013 Versi Majalah Forbes

Berita World Cup – Forbes yang merupakan majalah ekonomi terkemuka, pada tahun 2013 telah merilis penghitungan mereka mengenai 50 tim olahraga dengan nilai tertinggi di dunia. Majalan ini sudah rutin melakukan penilaian sejak tahun 1998. Forbes menulis bahwa secara umum, sebagian besar klub olahraga telah mengalami peningkatan nilai yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Pada dua tahun yang lalu, tidak ada klub yang nilainya mencapai 2 milyar US dolar, namun kini sudah ada klub yang bernilai lebih dari 3 milyar. Berikut ini adalah klub olahraga dari berbagai cabang yang mempunyai nilai ekonomis paling tinggi versi majalah Forbes.

1. Real Madrid                                                                                              

Nilai klub sebanyak 3,3 milyar dollar dimiliki oleh Anggota Klub atau Socios. Walaupun Madrid hanya berhasil finis di posisi kedua pada La Liga dan Copa del Rey di musim lalu namun mereka layak mendapat titel sebagai klub yang paling berharga karena sukses dari sisi finansial. Madrid menjadi pemegang rekor dengan berhasil meraih 650 juta dolar. Adanya sponsorship dengan Adidas serta Emirates telah mendatangkan 80 juta dolar per musim.

2. Manchester United

Nilai klub sebanyak 3,165 milyar dolar, dimiliki oleh Keluarga Glazer. Keputusan Sir Alex Ferguson untuk pensiun sempat membuat saham Manchester United di bursa efek New York turun. Namun secara perlahan saham mereka kembali naik. United sudah menandatangani persetujuan sponsorship tertinggi dengan Chevrolet. United akan disponsori oleh Chevrolet yang akan membayar sebesar 559 juta dolar selama tujuh tahun mulai musim 2014-15.

3. Barcelona

Nilai klub sebanyak 2,6 milyar dolar, dimiliki oleh Anggota Klub. Barca telah mengumumkan tentang keberhasilan mereka mendapatkan Neymar pada bulan Juni lalu, nilai Neymar disebut telah melonjak naik karena penampilannya yang gemilang di Piala Konfederasi. Barcelona telah mendapatkan sponsor utama dari Qatar Foundations dengan nilai 38 juta dollar per musim.

4. New York Yankees

Nilai klub 2,3 milyar dollar, dimiliki oleh Keluarga Steinbrenner. Yankees telah menjual sebagian saham yang dimiliki. Uang hasil penjualan sebesar 85 juta dollar tersebut mereka investasikan dan pada 2042 akan berkembang menjadi 350 juta dollar.

5. Dallas Cowboys

Nilai klub sebesar 2,1 milyar dollar, dimiliki oleh Jerry Jones. The Cowboys telah menjadi tim NFL yang paling berharga sejak tahun 2007. Mereka mendapatkan nilai tersebut dari sponsorship terbesar dan mempunyai tiket premium paling mahal. Nilai pendapatan The Cowboys secara keseluruhan adalah 200 juta dollar per tahun.

6. New England Patriots

Nilai klub sebesar 1,635 milyar dollar dari cabang olahraga American Football dan dimiliki oleh Robert Kraft. Tiket penjualan The Patriots selalu terjual habis sejak bermain di Gillette Stadium pada tahun 2002.

7. Los Angeles Dodgers

Nilai klub sebesar 1,615 milyar dollar, merupakan cabang olah raga baseball dan dimiliki oleh Guggenheim Baseball. The Dodgers telah dalam tahap akhir untuk mengakhir persetujuan bernilai 8,5 milyar dollar dengan Time Warner Cable untuk 25 tahun. Persetujuan tersebut akan mulai aktif tahun depan. Berita World Cup