Berita World Cup Pemain Naturalisasi Dengan Kualitas Baik

Pemain Naturalisasi Dengan Kualitas Baik

Pemain Naturalisasi Dengan Kualitas Baik

Berita World Cup – PSSI pertama kali mempertimbangkan untuk melakukan natiralisasi pemain sejak era kepemimpinan Nurdin Halid. Inspirasinya adalah keberhasilan Negara kecil Singapura yang melakukan hal serupa. Kala itu, semua sepakat menaturalisasi bukan barang haram asalkna tidak dilakukan sembarangan. Pemain yang akan di naturalisasi haruslah berbakat dan memiliki keturunan Indonesia atau memamng suadah lama berkarir di Indonesia. Saat kabar itu pertama kali terdengar, semua langsung tertuju pada Belanda. Ya tidak heran demikian, karena memang hubungan Indonesia dan Belanda memang tidak bisa di hindari lagi. Sebut saja Giovanni van Bronchorst dan John Heitinga. Kedua pemain tersebut adalah punggawa timnas belanda yang memiliki darah Indonesia.

Hingga kini sudah banyak pemain asal belanda yang berganti kewarganegaraan sperti Sergio Van Dijk, Maitimo, Diego Michels, Van Boukering, Ruben Wuarbanaran, hingga Stefano Lilipaly. Selain nama nama tersebut sebenarnya masih banyak talenta Belanda yang mungkin bisa untuk di naturalisasi, emngingat mereka punya darah Indonesia yang mengalir di tubuhnya. Ezra Wailan, salah seorang mutiara di liga junior Belanda, punya keturunan Indonesia. Dirinya kini menjadi pemain di tim junior ajax B1 dan mampu membawa timnya juara di liga eredivisi kategori U17. Erza sempat masuk ke tim nasiona junior Belanda U16. Dia juga mencetak sebuah gol bersama tim nasional junior Belanda U16. Garis keturunan Erza di dapat dari ayahnya Glen Walian yang asli orang Manado. Dia bisa membela tim nasional Indonesia karena belum pernah bermain di timnas senior Belanda.

Jika banyak yang beranggpan pemain naturalisasi tidak jauh berbeda dengan kulaitas pemain local Indonesia maka pemain yang satu ini tidak bisa di anggap remeh. Pemain yang msuim depan akan bermain di Roda JC itu bisa di bilang keturunan Indonesia terbaik yang ada di eredivisi. Namanya adalah Art Van Pappen. Kalau para pemain yang sudah sudah hanya bermain di kasta kedua atau ketiga, maka dirinya salah satu pemain ynag bertaha baik di liga Belanda. Ia berposisi di bek kiri sekaligus kapten RKC dan masuk sebelas pemain terbaik eredivisi Belanda. Meski sempat mengutarakan keinginan untuk membela Indonesia, ada satu syarat yang sulit untuk di naturalisasi. Ia sangat ingin memiliki passport Belanda, sedangkan di Indonesia tidak bisa memiliki warga Negara yang ganda.

Selain nama nama yang telah di sebutkan diatas, masih ada beberapa nama lain yang kayak di kedepankan.sebut saaja Joey Suk. Gelandang yang berlaga di liga utama Belgia ini sudah lama hendak di naturalisasi sejak arif masih di BTN. Proses itu tertunda lantaran PSSI mengalami pergantian ketua umum yang di ikuti dengan seluruh fungsionaris dan kebijakan. Habil marati yang kini memegang BTN kembali mengontakna dan nampaknya ia tetap ingin membela tnah leluhurnya. Nama lain juga ada Tom Hiariej, yang memiliki darah Maluku. Gelandang bertahan yang juga bisa bermain di bek kiri. Musim lalu ia bermain diĀ  FC Groningen dan di pinjamkan ke Emmen. Berita World Cup