Chelsea Siapkan Pengganti David Luiz

Chelsea Siapkan Pengganti David Luiz

Chelsea Siapkan Pengganti David Luiz

Masa depan David Luiz di Stamford Bridge hampir dipastikan tinggal menunggu hitungan waktu saja. Konon Chelsea telah mengajukan penawaran untuk palang pintu Saint-Etienne, Kurt Zouma, yang digadang-gadang bakal menggantikan keberadaan bek asal Brasil tersebut. Apabila rumor tersebut benar adanya, maka membuka kans bagi kubu Barcelona untuk mendekati kembali pemain berusia 26 tahun, yang telah lama menjadi incaran utama dari tim asuhan Gerardo Martino dan konon pihaknya sudah mempertanyakan status dari David Luiz, apakah bisa digaet pada awal tahun ini atau tidak. Bagi Barcelona hal ini cukup dipahami, mengingat mereka masih saja dirundung permasalahan cedera yang tidak habis-habisnya. Walaupun Carles Puyol sudah kembali dari masa pertapaannya yang cukup lama karena sejumlah gangguan yang menimpanya, namun hal itu tidak menjadi jaminan lama sang pemain bakal bisa bertahan di La Liga dalam kurun waktu beberapa musim berikutnya.

Apalagi performa Marc Bartra sepenuhnya juga tidak stabil, walau Gerardo Martino sudah memberikan kesempatan baginya untuk bermain di tim utama dan mengaku sejauh ini sangat senang dengan perlakuan klub tersebut kepadanya. Kubu Nou Camp konon telah mengontak pihak pengurus klub Chelsea mengenai masa depan dari pemain internasional Brasil tersebut, sebelum Natal lalu dan kini situasinya semakin memanas bagi Luiz untuk segera meninggalkan Stamford Bridge dalam waktu dekat. Chelsea kini bersiap untuk mendengar sebuah penawaran kepada pemain berusia 26 tahun tersebut, namun Jose Mourinho mempertimbangkan bahwa mantan bek Benfica masih menjadi aset yang berharga dan sanksi kalau Barcelona bisa mengimbangi angka penawaran yang menjadi tolok ukur mereka.

Barcelona, yang sedang memperkokoh lini pertahanannya dengan kondisi kapten Carles Puyol yang bersiap untuk mengakhiri karir di Nou Camp dan kini tinggal menyisakan Javier Mascherano, Gerard Pique dan Marc Bartra, tentu sangat merisaukan Tata Martino, dan sempat mengajukan penawaran kepada Chelsea di musim panas lalu, namun dengan tegas Mourinho pun menepis harapan tersebut. β€œAda penawaran secara resmi (dari Barcelona), namun saya memutuskan untuk tetap bertahan di Barcelona,” tukas bek berkebangsaan Brasil pada September lalu. Pada bulan lalu pelatih berkebangsaan Portugal itu sempat menolak sejumlah pembicaraan transfer yang melibatkan pemain-pemainnya, dengan menegaskan:

β€œIa merupakan pemani kami dan kami sangat senang bisa memilikinya dan kami juga bangga ia bisa kembali untuk saat ini ketika kami membutuhkannya dan berduet dengan John Terry di lini belakang.” Kendati demikian, menurut salah satu sumber terdekat di kubu Chelsea mengindikasikan bahwa The Blues siap membuka pintu kepada Luiz, yang penampilannya sangat mengesankan dalam beberapa pekan terakhir, dan meninggalkan klub bila kubu Barcelona mengajukan penawaran yang dianggap sangat menguntungkan bagi mereka. Chelsea sejauh ini masih mencoba untuk mendatangkan bek Saint-Etienne, Kurt Zouma dalam beberapa pekan terakhir, di mana tim tersebut siap berhadapan satu lawan satu dengan kubu Manchester City untuk memboyong pemain muda berusia 19 tahun. Selain Manchester City ada beberapa klub lain yang telah mengajukan selama beberapa bulan terakhir dan diharapkan Chelsea bisa menyalip di menit-menit akhir.