Denmark Pertahankan Morten Olsen

Denmark Pertahankan Morten Olsen

Denmark Pertahankan Morten Olsen

Walaupun gagal memberikan prestasi maksimal bagi tim nasional Denmark dalam beberapa dekade terakhir hal itu tidak merisaukan pihak asosiasi. Justru pelatih Morten Olsen menyodorkan perpanjangan kontrak kepadanya, sehingga membuat sang sang ahli strategi bakal bertahan hingga musim panas 2016. Olsen, 64 tahun, telah menjalani tugas untuk negara yang tergabung di benua biru selama 13 tahun terakhir, dan sempat meloloskan Nicklas Bendtner dan rekan-rekannya ke dua kancah Piala Dunia dan dua ajang kejuaraan Eropa, termasuk meloloskan hingga babak perempat-final pada EURO 2004 silam. Walau demikian hal itu sepertinya tidak membuat Olsen berhasil membawa negaranya lolos ke Piala Dunia 2014 di Brasil. Kegagalan itu tidak menjadi tanggapan serius bagi pihak Asosiasi Sepakbola Denmark (DBU) yang tetap memberikan kepercayaan kepada mantan pelatih Ajax Amsterdam, untuk menghantarkan negaranya mengikuti agenda sepakbola berikutnya di ajang kualifikasi EURO 2016.

“Setelah menyelesaikan posisi di urutan teratas pada dua ajang kualifikasi di turnamen utama, kemungkinan ada sejumlah pihak yang sedikit terganggu dengan pencapaian kali ini yang hanya berada di peringkat kedua dan juga tidak dapat mengambil bagian dalam pesta sepakbola paling akbar, Piala Dunia 2014 mendatang di Brasil,” tukas Olsen, melalui situs resmi DBU. “Kini kami telah melupakan rasa kekecewaan di belakang kami dan kami akan memanfaatkan sejumlah pengalaman yang telah kami peroleh dengan cara yang membangun satu sama lain. “Salah satu ambisi utama saya adalah untuk mengembalikan posisi tim nasional Denmark ke jalur persaingan, bagi pemain-pemain yang memiliki bakat dan potensi terbaik, dan akan membuat tim dan nasional ini secara bahu membahu memburu sebuah angka dengan haus akan segala sesuatunya, dan tentunya dengan demikian hasil yang baik tentu akan datang dengan sendirinya.”

Sekretaris umum DBU Jim Stjerne Hansen menambahkan: “Morten Olsen menikmati masa-masa indah dan mendapatkan kehormatan dari seluruh orang-orang di negara ini dan juga pengalamannya di tingkat internasional juga tidak dipandang sebelah mata oleh tingkat internasional, yang menjadi bahan pertimbangan bagi saya untuk memilihnya karena memiliki pengetahuan mengenai perkembangan kepelatihan di tingkat sepakbola internasional. “Rasa kepercayaan kami juga merupakan salah satu kunci kesuksesan bagi pemain-pemain kunci di tim nasional Denmark saat ini, di mana saya juga terlebih dulu menjalin pembicaraan dengan mereka sebelum memutuskan untuk menyodorkan kontrak baru kepadanya dan rata-rata tidak ada masalah dan ia mendapat apreasiasi yang cukup baik dihadapan pemain tim nasional.

“Salah satu kemampuan dan wawasan dalam membaca tren sepakbola internasional juga cukup unik. Di waktu yang bersamaan, saya juga memiliki pengalaman yang cukup baik dapat bekerja sama dengan salah satu pelatih yang memiliki ambisi tinggi dan termotivasi sebagai pelatih tim nasional dan memiliki tujuan yang pasti untuk terus melanjutkan pekerjaan yang tentunya tidak mudah dan mengembangkan bakat dan talenta muda di negeri ini.”