Ini Wakil Indonesia Di Piala AFC Musim Depan

Ini Wakil Indonesia Di Piala AFC Musim Depan

Ini Wakil Indonesia Di Piala AFC Musim Depan

Setelah lama menunggu, PSSI akhirnya sudah resmi menujuk dua wakil dari Indonesia untuk turnamen Piala AFC 2014 mendatang. Kedua wakil tersebut adalah juara dan runner up Liga Super Indonesia musim lalu, Persipura Jayapura dan Arema Malang. Musim lalu, ada dua kompetisi yang berjalan di Indonesia yakni Liga Super Indonesia. Di kompetisi Liga Super Indonesia, Persipura Jayapura tampil sebagai jaura dengan Arema Indonesia menempati posisi edua sementara di Liga Prima Indonesia memunculkan Semen Padang sebagai juara. Tapi dalam pelaksanannya Liga Prima Indonesia hanya berjalan setengah musim saja. PSSI baru menunjuk perwakilan dari Indonesia pada akhir bulan November karena mereka masih menunggu keputusan AFC yang menentukan berapa jatah klub dari Indonesia yang bisa ikut dalam turnamen kasta kedua di benua Asia tersebut sejak bulan Oktober. Joko Driyono, Sekjen PSSI memastikan jika Semen Padang tidak terpilih sebagai wakil dari Indonesia dan memutuskan yang berhak mewakili Indonesia adalah Arema Malang dan Persipura Jayapura.

Lalu apa alasan PSSI menunjuk kedua tim ini dan tidak meloloskan Semen Padang sebagai wakil? Joko dalam penjelasannya mengatakan jika dia hanya memberikan informasi dalam bentuk hasil akhir yang dibuat oleh para anggota Exco dan keputusan ini sudah bulat. Jokdri, panggilan Joko Driyono mengatakan rapat yang dilakukan Exco soal penunjukkan wakil dari Indonesia berjalan sirkular karena untuk nominasi sendiri sudah dipilih sejak dua minggu lalu dan semakin mengerucut sejak tanggal 26 November. Dan secara administratif semua sudah diselesaikan. Pada ajang Piala AFC 2012/13, Indonesia mengirim Semen Padang dan Persibo Bojonegoro. Kedua tim ini mendapat hasil yang berbeda. Semen Padang tampil apik dengan menorehkan prestasi menembus babak perempat final, bahkan Semen Padang bisa saja lolos ke babak semi final. Tapi pada laga perdelapan final, Semen Padang harus mengakui keunggulan wakil India, East Bengal yang mengubur mimpi mereka meneruskan kiprah di Piala AFC. Sedangkan Persibo justru terpuruk dan gagal total di fase grup.

Persibo tidak hanya tampil buruk, bahkan membuat kontroversi yang besar saat laga kontra Sunray Cave JC Sun Hei. Persibo yang selalu kalah dengan skor besar baik kandang maupun tandang, hanya membawa total 12 pemain saja ke kandang tim asal Hong Kong tersebut. Sepanjang laga, para pemain Persibo satu persatu tumbang karena cedera dan menyisakan 6 pemain di atas lapangan saat laga baru memasuki menit 65. Persibo akhirya kalah WO dengan skor 8-0 karena sebelumnya sudah tertinggal lima gol. Isu suap pun muncul terkait laga ini dan memaksa pihak AFC melakukan investigasi. Indonesia hanya mendapat jatah dua tim di ajang Piala AFC dan tidak mendapat jatah di Liga Champions Asia.