Peluang Menuju Piala Dunia Brazil 2014 Zona Asia dan Oceania

kumi - beritaworldcup.com

Berita Piala Dunia – Setelah beberapa hari lalu membahas peluang tim dari konfederasi CONMEBOL ( Amerika Latin), CONCACAF (Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia), UEFA (Eropa), CAF (Afrika)  untuk lolos ke Piala Dunia Brazil 2014. Pada tulisan ini kita akan membahas peluang lolosnya tim-tim dari belahan dunia timur, yakni tim dari Asia dibawah konfederasi AFF dan negara-negara Oceania dibawah konfederasi OFC.

Asia

Jatah lolos kualifikasi : 4,5

Negara : 10 dibagi menjadi 2 tim

Peringkat dua teratas dari masing-masing grup yang akan berakhir pada 18 Juni akan lolos secara otomotis ke Brazil 2014. Mereka yang menempati dua posisi teratas dari kualifikasi babak terakhir zona Asia ini berhak untuk menyiapkan krim tabir surya dan membawa topi jerami mereka karena matahari di Rio yang terik. Sementara peringkat ketiga dari masing-masing grup akan beradu kuat melalui play-off yang berlansung bulan September 2013. Pemenang dari pertarungan gladiator ini harus rela menjalani dua rangkai lagi pertarungan hidup dan mati melawan peringkat kelima dari zona CONMEBOL (Amerika Latin) pada bulan November. Tentu saja kedua tim harus berjuang keras di dua pertandingan terakhir ini bila tak ingin harus mengulang babak kualifikasi dari awal untuk lolos di Piala Dunia 2018. Jepang telah menjadi tim pertama yang lolos ke Piala Dunia Brasil 2014, mereka lolos lebih cepat dibandingkan Jerman, Italia, Belanda, dan Spanyol yang sekarang merajai grup mereka masing-masing. Jepang lolos ke Piala Dunia Brazil 2014 karena memuncaki grup B dengan lima poin diatas Oman, padahal pertandingan masih tersisa satu laga. Keisuke Honda menjadi pemain paling produktif di kubu Jepang dengan mencetak 5 gol dalam 6 pertandingan.

Korea Selatan – seteru berat Jepang di kancah persepakbolaan Asia – memuncaki grup A dengan poin yang sama dengan Uzbekistan, 11 poin. Kedua tim ini telah menentukan nasib saat saling berhadapan pada hari Selasa. Korea Selatan yang memenangi pertandingan dengan skor 2-1 hanya membutuhkan satu poin lagi untuk lolos ke Brazil 2014. Australia yang berada diujung tanduk. The socerroos dalam ancaman untuk lolos ke Piala Dunia pertama meereke setelah berhasil lolos dua kali berturut-turut. Australia hanya menempati posisi tiga grup B, dua poin dibelakang Oman dengan sisa pertandingan satu laga.

Oceania

Jatah tim di Piala Dunia : 0,5

Negara : 4 dijadikan 1 grup

Selandia Baru menyelesaikan kualifikasi dengan menjadi pemuncak klasemen. Grup yang berisi negara seperti New Caledonia, Tahiti, dan Kepulauan Solomon terlalu mudah bagi mereka. Selandia Baru memenangkan enam partai kualifikasi Piala Dunia 2014. Tim Selandia Baru diperkuat oleh striker Leicester City berusia 18 tahun, Chris Wood. Wood adalah pemain termuda sekaligus top skor negara yang terkenal karena buah kiwinya itu. Tim berjuluk the all Whites ini akan berhadapan dengan peringkat keempat zona CONCACAF secara kandang dan tandang di bulan November mendatang. Andai saja Selandia Baru lolos ke Brazil 2014, mereka akan tampil untuk kali ketiga dalam sejarah perhelatan Piala Dunia. Sebelumnya Selandia Baru pernah bermain di Piala Dunia Spanyol 1982 dan Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Piala Dunia 2010 dikenang public Selandia Baru karena tim yang jarang tampil di Piala Dunia itu tidak pernah kalah dalam pertandingan itu, Selandia Baru meraih tiga kali hasil imbang, salah satunya menahan juara bertahan Italia. Hasil itu menyebabkan Italia tersingkir lebih awal.