Peluang Menuju Piala Dunia Brazil 2014 Zona CONCACAF Dan Afrika

fifa world cup

Peluang Menuju Piala Dunia Brazil 2014 Zona CONCACAF Dan Afrika

Berita World Cup – Mulai dari tengah pekan lalu kita disibukkan dengan agenda kualifikasi Piala Dunia dan Piala Dunia Brazil 2014 akan berlangsung dalam waktu setahun dari sekarang. Timnas kebanggan kita, Indonesia, memang tidak lolos ke babak selanjutnya dalam kualifikasi Piala Dunia 2014. Toh, tak ada salahnya untuk menakar peluang tim-tim peserta Piala Dunia 2014 dari masing-masing konfederasi. Setelah pada tulisan sebelumnya membahas peluang tim Eropa dan Amerika Latin. Kini saatnya membahas peluang tim yang berada dalam zona CONCACAF dan zona Afrika. Tim mana saja yang akan lolos?

Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia

Jatah tim untuk lolos ke Piala Dunia : 3,5

Negara yang mengikuti kualifikasi : 6

1 grup dengan format kompetisi penuh

Kosta Rika dan Amerika Serikat meraih kemenangan penting pada hari Jumat sementara Meksiko ditahan imbang dikandang Panama. Brad Evans mencetak gol di menit akhir pertandingan untuk membawa Amerika Serikat memenangkan pertandingan. Dengan gol itu, skor menjadi 2-1 untuk Amerika Serikat. Pertandingan dihelat di Kingston, Jamaika. Kemenangan tipis Kosta Rika yang diraih di San Jose membuat tim Karibia itu menempati posisi pemuncak klasemen. Gol Roy Miller di menit 25 membawa tiga poin bersih. Kosta Rika berhak menduduki peringkat satu klasemen karena memiliki selisih gol yang lebih baik dibandingkan dengan Amerika Serikat, pasukan arahan Juergen Klinsmann itu juga mengumpulkan tujuh poin. Poin tujuh juga dimiliki oleh Meksiko yang telah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada dua rivalnya tersebut. Tiga tim teratas yang tergabung dalam zona CONCACAF otomatis lolos ke Brazil 2014, sedangkan peringkat ke empat akan menghadapi Selandia Baru yang menjadi pemuncak klasemen zona Oceania. Pertandingan kualifikasi di zona CONCACAF akan berakhir September, play-off akan dilaksanakan November.

Afrika

Jatah tim untuk lolos ke Piala Dunia : 5

Negara yang mengikuti kualifikasi : 40

10 grup yang berisikan 4 tim

Tiap pemenang dari masing-masing grup akan diketahui pada bulan September. Sepuluh tim terbaik itu akan saling dipertemukan, jadi ada lima pertandingan dua leg yang harus dilalui oleh tiap tim yang menjadi pemuncak grup di kualifikasi Piala Dunia zona Afrika. Dua leg play-off akan dilaksanakan pada bulan Oktober dan November. Pemenang dari tiap partai harus bersiap untuk mengepak barang-barang mereka ke Brazil 2014. Di grup A, Ethiopia berhasil melangkahi Afrika Selatan yang lebih mapan dua poin diatasnya. Menuju grup B, kita melihat Tunisia dengan keunggulan lima poin atas pesaing terdekatnya, Sierra Leone; di Grup C, kita melihat Pantai Gading yang berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0 lawan Gambia memimpin grup diatas Tanzania. Zambia di grup D memuncaki klasemen dengan selisih satu poin diatas Ghana, persaingan ketat masih terjadi di grup ini. di grup E, kita menyaksikan keperkasaan Kongo yang menghegemoni grup dengan enam poin diatas peringkat kedua, Gabon; Nigeria dan Malawi memiliki poin yang sama di grup G. hal yang sama juga terjadi pada Aljazair dan Mali yang memiliki jumlah poin sama di grup I, begitu juga dengan grup H, yang memiliki raja kembar karena Kamerun dan Libya mengumpulkan nilai yang sama. Grup yang memiliki persaingan paling seru adalah grup J. selisih antara pemuncak klasemen, Senegal dengan Liberia didasar klasemen cuma berjarak dua poin saja. Demikian mengenai peluang-peluang tim yang akan menuju Piala Dunia Brasil 2014.