Peluang Menuju Piala Dunia Brazil 2014 Zona Eropa dan Amerika Latin

fifa world cup

Peluang Menuju Piala Dunia Brazil 2014 Zona Eropa dan Amerika Latin

Berita World Cup – Mulai dari tengah pekan lalu kita disibukkan dengan agenda kualifikasi Piala Dunia – selain turnamen Euro U-21 Israel – yang akan berlangsung setahun dari sekarang. Tim mana saja yang berada pada posisi terdepan – menyusul Brazil dan Jepang – untuk tampil di helatan empat tahunan itu. Mari kita melihat peluang tim di masing-masing kontinen.

Eropa

Jatah tim untuk lolos ke Piala Dunia : 13

Negara yang mengikuti kualifikasi : 53

9 grup (8 grup berisi 6 negara, 1 grup berisi 5 negara)

Sembilan pemengan dari babak kualifikasi grup yang berakhir Oktober akan lolos otomatis ke Brazil 2014. Sendangkan delapan runner-up terbaik akan bersaing dalam dua leg play-off bulan November, memperebutkan empat slot tersisa. Peluang Inggris tampaknya tidak dalam bahaya setelah Jumat lalu Ukraina menghancurkan pemuncak klasemen grup H dengan skor 4-0. Selisih poin Montenegro memand dua poin diatas Inggris, tapi Inggris memainkan satu partai lebih sedikit dari mereka.

Portugal berhasil memimpin grup F untuk pertama kalinya sejak babak kualifikasi dimulai. Setelah bermain angin-anginan di Israel dua bulan lalu, yang membuat mereka harus comeback dengan susah payah. Akhirnya mereka menyuguhkan permainan yang meyakinkan dengan mengalahkan Rusia. Kekalahan dari Portugal membuat rekor 100% Rusia dibawah arahan Fabio Capello ternoda. Adalah gol Helder Postiga di menit kesembilan, membuat Lisabon bersorak. Sementaara di grup A, Belgia mengambil keuntungan dari kekalahan mengejutkan Kroasia atas Skotlandia. Tim Balkan itu harus mengakui kejutan dari tamunya. Membuat mereka harus tertinggal tiga poin dibelakang Belgia yang sukses mengandaskan Serbia dengan skor 2-1. Pemuncak klasemen lain yang memiliki peluang besar untuk lolos adalah Italia, Belanda, Jerman, Boznia Herzegovina, Swiss, dan Spanyol.

Amerika Latin

Jatah tim untuk lolos ke Piala Dunia : 4,5

Negara peserta kualifikasi : 9

1 grup dengan sistem kompetisi penuh. Negara yang sudah lolos adalah Brazil – tuan rumah.

Kolombia menaiki posisi kedua setelah mereka menahan imbang pemuncak klasemen, Argentina pada hari Jumat. Argentina yang memulai pertandingan tanpa Lionel Messi harus rela kehilangan striker mereka Gonzalo Higuain – pemain Real Madrid yang dikabarkan segera hengkang dari Bernabeu – karena dikartu merah. Higuain dan Cristian Zapata saling menendang hingga wasit harus mengeluarkan mereka berdua dari lapangan. Kartu merah Higuain dan diragukannya kondisi fisik lionel Messi membuat Argentina harus bertandang ke  Ekuador tanpa top skorer mereka di kualifikasi. Messi dan Higuain adalah striker tertajam tim tango dengan total gol yang dicetak sebanyak 17 gol. Kendati demikian, Argentina tak perlu khawatir karena memiliki pelapis seperti Carlos Tevez, Sergio Aguero, Rodrigo Palacio, dan Javier Pastore. Sementara Chili membuka peluang untuk lolos ke Piala Dunia setelah mengalahkan Paraguay dengan skor 2-1. Atas hasil tersebut, tim yang terletak di sisi timur Amerika Latin untuk sementara berhak menempati posisi ke 4. Diatas Chili, ada Kolombia dan Ekuador yang mengumpulkan poin sama. Meskipun Kolombia kalah di pertandingan melawan Peru dengan skor 0-1, mereka memiliki selisih gol yang lebih banyak. Konfigurasi ini masih akan berubah karena kompetisi masih berlansung hingga Oktober. Ke-empat tim yang bertahan dalam klasemen sampai bulan Oktober akan lolos ke Brazil 2014. Sedangkan peringkat ke 5 akan menjalani partai play-off melawan tim dari Asia di bulan November.