Pesta Piala Dunia Dibuka di Stadion Corinthians

Pesta Piala Dunia Dibuka di Stadion Corinthians

Pesta Piala Dunia Dibuka di Stadion Corinthians

Sejak Negara Brazil terpilih menjadi tuan rumah untuk penyelenggaraan Piala Dunia 2014 mendatang, pemerintah di Negara tersebut langsung memberikan pengumuman mengenai dua belas stadion untuk tempat berlangsungnya pertandingan. Mereka juga telah memutuskan Arena Corinthians sebagai stadion dalam pertandingan pembuka Piala Dunia pada tanggal 12 Juni 2014. Kepastian pemakaian stadion itu untuk laga pembuka telah diumumkan sebelumnya oleh Federasi Sepakbola Brasil (CBF) pada akhir Agustus yang lalu. Panitia penyelenggara bersama dengan FIFA membangun kembali stadion ini.

Fasilitas

Beberapa fasilitas modern telah mengisi stadion megah yang biaya pembangunannya ditaksir mencapai Rp 980-an miliar itu, diantaranya:

  1. Di sisi barat, terdapat peralatan untuk kru dari TV, kursi VIP, kursi penonton. Selain itu, ada juga ruang auditorium, dan museum Corinthians.
  2. Di sisi timur, terdapat layar video yang paling besar di dunia dan memiliki 210.000 LED. Pada salah satu sudut, terdapat logo Corinthians raksasa.
  3. Penonton juga akan dimanjakan dengan beragam kenyamanan. Jadi penonton tidak perlu khawatrir untuk kepanasan, jenuh ataupun lapar. Tersedianya lokasi seperti bar, resto yang tentunya telah dilengkapi dengan pendingin ruangan atau AC.
  4. Untuk para pemegang dari tiket VIP, mereka disediakan ruang yang kedap suara serta dibatasi dengan kaca yang besar.
  5. Terdapat 10 eskalator, 6 ruang ganti, ruang cryotherapy, ruang Jacuzzi serta ruang untuk para pelatih.
  6. Lantai di stadion Corinthians, kesemuanya terbuat dari keramik, batu granit dan marmer.
  7. Dari segi lighting, penerangan untuk stadion mempergunakan pencahayaan 6000K Multivapor dengan keaslian warna yang terjamin. Penerangan tidak hanya akan didapatkan penonton di dalam stadion akan tetapi juga di lokasi sekitar Arena Corinthians.
  8. Atap dari Stadion ini telah dirancang secara khusus guna menampung air hujan. Uniknya lagi, air hujan tersebut nanti dapat didaur ulang dalam memenuhi kebutuhan air di lokasi stadion.

Kenyamanan dari penonton menjadi perhatian utama perancang stadion ini. Jumlah kursi yang disediakan sangat banyak dan akan ditambah lagi dengan 17.000 kursi selama berlangsungnya Piala Dunia nanti. Penonton juga tidak akan merasa gerah. Sirkulasi udara di stadion ini cukup bagus, karena ada empat lapis atap, lapisan lembaran baja, lapisan isolasi termal yang kemudian juga terdapat lembaran polyisocyanurate untuk mengontrol akuistik serta yang terakhir adalah tersedianya lembaran eternit.

Transportasi

Letak dari Stadion Corinthians berada di timur pusat Kota Sao Paulo. Stasiun kereta yang kemungkinan lokasinya dekat dengan stadion adalah Itaquera. Pada saat penyelenggaraan Piala Dunia, orang yang ingin menonton pertandingan dapat menggunakan kereta cepat bawah sebelum pada akhirnya akan terhubung dengan Stasiun Corinthians Itaquera. Perjalanan yang hanya membutuhkan waktu 17 menit.