Strategi Transfer Ala Mourinho

MouBursa BolaPencarian Chelsea akan striker jempolan semakin insentif, terbukti kemarin malam mereka membuka pembicaraan mengenai perpindahan Striker tajam Napoli senilai 50 juta Euro. Langkah yang sensasional menginat satu jam sebelumnya Chelsea juga mengajukan penawaran senilai 39,4 juta Euro untuk transfer Hulk pada Zenit St. Petersburg.

Selain nama dua pemain itu, manajer Chelsea Jose Mourinho juga telah membuat daftar striker lain yang diincar, nama pemain Fiorentina, Edin Dzeko dan pemain Manchester City, Edi Dzeko masuk dalam daftar ini. Dzeko yang mengalami musim lalu dari bangku cadangan sebenarnya merupakan striker yang tajam. Rasio golnya musim lalu hanya kalah dari Javier “Chicharito” Hernandez yang sama-sama memulai pertandingan dari bangku cadangan.

Mourinho percaya diri mengenai perburuannya akan tanda tangan Stevan Jovetic yang memiliki harga pasaran 25 juta Euro. Kompetitor lain yang santer disebut menggaet pemain 23 tahun itu adalah Juventus, dan Mourinho percaya diri Jovetic bisa didatangkan ke Stamfrod Bridge. Sementara perburuan terhadap Edinson Cavani akan mendapatkan tantangan serius dari Real Madrid dan Manchester City. Pihak Napoli sampai saat ini belum mau berbicara mengenai kemungkinan transfer Cavani atau pertukarannya dengan Edin Dzeko.

Bursa Bola

Presiden Napoli, Aurelio de Laurentiis berkata kemarin malam :”Ada ketertarikan dari Chelsea terhadap Cavani, mereka akan menelponku dalam beberapa jam ke depan. aku akan sangat senang bila Cavani bertahan disini, tapi jika ia memutuskan pergi, dia pasti akan tergantikan.”

Di tempat lain, striker gempal asal Brasil, Hulk juga mengungkapkan kalau Mourinho menginginkan kehadirannya di Stamford Bridge.

Sejauh ini Zenit selalu menolak segala pendekatan yang dilakukan oleh Chelsea dan mereka juga membuat keputusan tegas, Hulk akan pergi bila ada transfer diatas 44 juta Euro. Uang sebanyak itu adalah biaya transfer Hulk dari Porto ke Zenit dan mereka menginginkan lebih. Hulk ingin keluar dari Liga Russia dan bermain dibawah arahan Jose Mourinho. Melihat perkataan dan keinginannya pada press bisa dipastikan bila dia yakin kalau Chelsea telah mengajukan penawaran untuknya.

Ditanyakan mengenai kemungkinan perpindahannya hari Rabu, dia menjawab :”jika sekarang aku berkata tidak, berarti aku berbohong. Tapi hanya sebatas itu yang dapat aku bicarakan sekarang. Untuk saat ini aku fokus 100% pada timnas Brasil. Tentang hal-hal lain akan berlangsung setelah tugasku dengan timnas Brasil selesai.

Meski Zenit telah menolak penawaran Chelsea, beberapa pihak meyakini pasti ada celah yang akan digunakan oleh pihak klub London Biru itu untuk mendatangkan Hulk ke Stamford Bridge. Selain besarnya transfer yang diminta Zenit, Chelsea juga harus berhadapan dengan fakta bila Hulk sudah berusia 27 tahun. Tentu jajaran manajemen Chelsea tak boleh melakukan kesalahan yang sama seperti saat mendatangkan Andriy Shevchenko. Di tahun 2006 Shevchenko ditransfer dari AC Milan dengan biaya 30 juta poundsterling. Tapi apa mau dikata, striker yang dikenal haus gol di Italia harus menjalani musim terburuknya sebagai pemain sepak bola. Untuk pertama kali sepanjang karir gemilang Sheva, dalam semusim gol yang dicetaknya tak bisa mencapai dua digit.

Konsekuensi dari keagresifan Chelsea dalam mencari striker musim depan juga menimbulkan spekulasi nasib Fernando Torres dan Demba Ba serta peran apa yang akan dimainkan oleh Oscar dan Juan Mata dalam strategi Mourinho musim depan. – Bursa Bola