Vicente Del Bosque Peringatkan Timnas Spanyol

Vicente Del Bosque Peringatkan Timnas Spanyol

Vicente Del Bosque Peringatkan Timnas Spanyol

Pelatih tim nasional Spanyol, Vicente Del Bosque, telah mengakui bahwa dia sangat khawatir bahwa segenap awak timnya masih mempunyai mindset bahwa mereka adalah yang paling kuat di Piala Dunia 2014 di Brazil mendatang. Bos La Furia Roja tersebut menegaskan bahwa seharusnya pasukannya tidak terbuai dengan kesuksesan masa lampau. Sehingga tidak ada kata lengah atau beristirahat untuk mempersiapkan Piala Dunia 2014. Del Bosque juga menganggap bahwa para tim dari Amerika Selatan akan menjadi ujian kemapanan Spanyol. Dia mengatakan kalau yang paling berpeluang besar untuk menjadi juara di Piala Dunia kali ini adalah tim asal Amerika Selatan seperti tuan rumah Brazil, Argentina atau Uruguay.

Juara Bertahan Piala Dunia sekaligus pemegang trofi Piala Eropa selama dua kali beruntun itu secara tragis dikalahkan telak oleh Brazil 0-3 di Final Piala Konfederasi pada pertengahan tahun 2013 kemarin. Maka, Del Bosque memperingatkan para bintangnya agar tidak terbuai dengan kesuksesan masa lampau di mana pada Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan, Spanyol berhasil meraih gelar juara. Del Bosque menginginkan bahwa timnya dan seluruh pemainnya menunjukkan keseriusan. Dia tahu bahwa Spanyol juga menjadi salah satu favorit untuk meraih gelar Juara Dunia. Spanyol akan berada di grup B bersama Belanda, Chili dan Australia. Grup yang cukup berat dan beragam.

Del Bosuqe mengatakan bahwa Belanda bisa saja membalaskan dendam mereka di Final Piala Dunia 2010. Kemudian Chili yang secara geografis dekat dengan Brazil akan didukung oleh segenap pendukung setianya sangat berpotensi untuk merepotkan Spanyol. Australia juga tidak boleh dipandang sebelah mata. Karena kesalahan dan kelengahan sedikit saja bisa membuat Spanyol menjadi juara dunia yang tragis seperti Prancis atau Italia yang gagal lolos dari penyisihan grup. Bahkan Spanyol pada Piala Dunia 2010 mereka karena lengah di awal juga kalah 0-1 dari Swiss di partai pertama Spanyol di Piala Dunia empat tahun lalu tersebut. Namun, beruntungnya Spanyol mampu bangkit dan akhirnya menjadi Juara Dunia.

“Banyak pemain di tim Spanyol telah memenangkan segalanya. Pemain seperti Xavi dan Andres Iniesta dan segenap punggawa Barcelona yang meraih enam trofi klub kemudian meraih gelar Piala Eropa dan Dunia. Seharusnya mereka tetap lapar gelar. Merasa mereka masih kuat akan menjadi sebuah mala petaka bagi kami. Saya sangat memperingatkan mereka bahwa Piala Dunia sangat berbeda. Bahwa setiap pertandingan adalah berbeda. Kami tidak bisa lagi bersantai. Kami harus serius. Kami satu grup dengan finalis empat tahun lalu, Belanda. Mereka bisa membalaskan dendam kepada kami. Lalu, Chili akan didukung segenap para pendukung mungkin semua orang akan mendukung mereka karena berasal dari Amerika Selatan dan Australia tidak bisa dipandang remeh. Kami akan serius menghadapi semuanya.” Kata Del Bosque kepada wartawan yang mewawancarainya di tengah perayaan Tahun Baru.